Hemat Energi Via LED

Aqualis Consulting

Efisiensi energi merupakan pedoman untuk pemanfaatan sumber daya energi secara berkeadilan. Pemerintah sebagai pembina utama dalam usaha penyediaan tenaga listrik perlu mengawasi pemanfaatan subsidi listrik bagi kalangan yang berhak. Untuk meringankan beban subsidi listrik kalangan 450V dan 900V dengan jumlah sekitar 23 juta pelanggan, pemerintah dapat menghemat anggaran sekitar 34 Triliun Rupiah untuk periode tahun 2019 – 2021 melalui pemanfaatan lampu LED nasional. Penghematan akan berkelanjutan dengan rata-rata 10,75 Triliun Rupiah untuk tahun-tahun berikutnya. Pemanfaatan lampu LED secara nasional akan memberikan penghematan energi listrik sekurangnya 6,77 TWh per tahun atau sekitar 3,4% dari proyeksi konsumsi tahun 2016 sekitar 200 TWh.

Pemanfaatan Lampu LED Nasional akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat kalangan bersubsidi listrik.  Lampu LED adalah ramah lingkungan dan ramah kesehatan dengan menghilangkan bahaya mercury sekurangnya 1,73 ton dan mengurangi emisi CO sebesar 3,3 juta Ton secara nasional. Penerangan Lampu LED juga memberikan pencahayaan yang lebih baik dari teknologi sebelumnya dengan daya tahan sekurangnya 3 tahun. Sehingga masyarakat pada umumnya akan lebih diuntungkan dengan terjadinya penghematan biaya pembelian lampu.

Kampanye Lampu LED Nasional akan meningkatkan kemampuan industri nasional khususnya industri Lampu LED, Luminer dan industri penunjangnya. Peningkatan permintaan lampu LED dan Luminer nasional akan terjadi secara merata dari kalangan bersubsidi listrik, kantor pemerintahan, perumahan umum, komersial dan tentunya kalangan industri. Alih teknologi dengan lampu LED nasional akan mampu mendorong perekonomian Indonesia dengan membuka lapangan pekerjaan sekitar 15.000 orang untuk industri lampu LED nasional dan memberikan pendapatan negara minimum 1,5 Triliun Rupiah per tahun. Pemanfaatan lampu LED juga mengalami penetrasi yang signifikan secara global seperti contoh di USA dan India. Sehingga pemanfaatan lampu LED nasional dapat dipertimbangkan bersama agar efisiensi anggaran maupun ketersediaan listrik nasional dapat tercapai dengan optimal.

Bersama sadar hemat energi, gunakan lampu LED.

 

D. Rachmantoyo

Author: Aqualis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *